Letkol Inf Fahmil Harris Sambut Kunker Menteri ATR/BPN di Bolsel

Bolsel13 views

B O L S E L – – Dalam rangka mengecek status lahan untuk relokasi korban erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Minggu (05/05/2024).

Lokasi yang ditinjau oleh Menteri AHY sendiri ini berada di Desa Modisi Kecamatan Pinolosian Timur Kabupateb Bolsel yang disambut hangat oleh Bupati Bolsel Iskandar Kamaru termasuk Komandan Kodim 1303/Bolaang Mongondow Letkol Inf Fahmil Harris S.I.P beserta rombongan.

Sekitar pukul 16.10 Wita, Kedatangan Menteri ATR di Bolsel dijemput secara adat Sangihe dan menjadi daya tarik sendiri bagi warga Desa Modisi yang nampak memadati area sekitar.

Bupati Iskandar Kamaru dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang, seraya berharap agar Menteri AHY dapat membantu, agar proses pembangunan di lokasi relokasi, segera dapat dilakukan.

“Luas lokasi 10 hektar sudah disiapkan. Masyarakat Bolsel tentu menyambut baik program kemanusiaan ini. Terlebih di Desa Modisi, para korban erupsi gunung ruang, seperti pulang ke kampung sendiri, sebab mereka dan warga di sini masih satu etnis dan kepercayaan, sehingga akan lebih mudah berbaur,” ujar Bupati.

Sementara itu Menteri AHY menuturkan, Kunjungan kerja yang dilaksanakannya kali ini adalah langkah cepat pemerintah pusat, untuk menangani korban bencana yang terjadi di Tagulandang.

“Peninjauan lokasi yang kami lakukan, sudah melalui rapat bersama lintas kementerian, yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. Semoga pembangunan di tempat ini, akan cepat dapat diwujudkan,” terang AHY.

Lanjutnya, Desa Modisi sangat layak untuk menjadi lokasi relokasi. “Total ada 301 kepala keluarga, setelah kami tinjau ini lokasi sangat layak,” kata dia.

Menteri AHY menyebut jika pihaknya nanti akan segera melakukan proses ganti untung untuk pemilik lahan hibah tanah sebesar 10 hektar sesuai mekanisme. “Tentunya hasil tinjauan ini akan kami tindak lanjuti secepatnya hingga ada penerbitan sertifikat,” ujar AHY.

Saat ditanya untuk lapangan kerja warga terdampak erupsi, sebut AHY Bolsel sangat memiliki potensi lapangan pekerjaan.

“Seperti laut dan ada juga lahan pertanian sangat luas di wilayah ini,” ucap AHY.

AHY mengaku senang karena komunikasi terjalin baik dari Pemerintah Pusat hingga daerah.

‘’Terbukti Bupati langsung tanggap menerima menjadi lokasi relokasi untuk warga Sitaro,” tutur AHY.