Letkol Inf Fahmil Harris Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas Ke-116

KOTAMOBAGU – – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116, Komando Distrik Militer (Kodim) 1303/Bolaang Mongondow menggelar upacara bendera, Senin (20/05/2024). Upacara berlangsung khidmat yang bertempat di Lapangan Upacara Kodim 1303/Bolmong.

Diikuti oleh seluruh Prajurit Kodim 1303/Bolaang Mongondow dan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Fahmil Harris SIP, sementara Komandan Upacara dipimpin oleh Danramil Lettu Cpl M. Jassim Lessy.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi yang dibacakan oleh Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Fahmil Harris SIP mengatakan, hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut-serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia.

“Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua. Refleksi atas pilihan tersebut bisa kita rujuk dengan ‘Berkunjung Kembali’ kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia. Bagaimana sejarah telah membentuk kebangsaan kita, Sejarah diperlukan bukan karena sensasi politiknya. Juga bukan sebagai sumber keteladanan nilai semata-mata. Tetapi pada percakapan terus menerus tentang kemajuan, kemanusiaan dan kesejahteraan. Keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu. Namun dapat dikaitkan dengan masa depan, yaitu pada ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban,” ujar Dandim.

Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.

“Dalam aspek bisnis, sosial, dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis. Sementara itu, dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim,” tambahnya.

Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa, tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu.

“Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045,” tutur Dandim Bolmong dalam membacakan amanat.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Fahmil Harris SIP mengatakan, bahwa kegiatan upacara peringatan Harkitnas bertujuan untuk terus semangat dalam memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam persatuan dan pembangunan serta mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *