Semangat Kebersamaan Membangun Lingkungan Bersih, Koramil Kotabunan Gelar Karya Bakti

B O L T I M – – Hari Minggu pagi yang cerah ini tidak seperti hari Minggu pada umumnya di Desa Jiko Kecamatan Motongkad Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Sejak pukul 07.00 Wita, warga dari berbagai latar belakang usia dan profesi sudah berkumpul. Mereka datang dengan membawa cangkul, sekop, karung bekas pakai dan berbagai peralatan kebersihan lainnya, Minggu (19/05/2024) kemarin.

Agenda hari ini adalah membersihkan saluran got yang sudah sangat kotor dan mampet di beberapa titik. Kondisi ini tentu meresahkan warga karena dapat memicu banjir saat musim penghujan tiba. Tak ingin masalah semakin membesar, warga pun sepakat untuk melaksanakan gotong royong.

Yang menggembirakan, warga tidak sendiri. Pasukan dari Koramil 1303-05/Kotabunan juga turut bergabung dalam kegiatan ini. Dengan baju loreng dan topi rimba disertai dengan semangat membara, para prajurit berbaur dengan warga untuk membersihkan got dari sampah dan lumpur.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa bersama-sama mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Bersih lingkungannya, bersih juga hati dan pikirannya,” tutur Babinsa Desa Jiko Sersan Kepala Isak B. Ogelang saat memimpin pelaksanaan apel bersama warga.

Kerja bakti yang dimulai sejak pagi ini tampak seperti ajang silaturahim warga. Ibu-ibu saling bercengkrama dan terkadang bersahut-sahutan memanggil para suami atau anak lelakinya untuk turut membantu pekerjaan berat. Terdengar pula tawa dan canda segar dari para remaja yang begitu antusias. Bahkan ada pula yang mengajak anaknya untuk turut serta sejak dini menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan.

Senyum sumringah pun terpancar dari wajah para prajurit TNI yang begitu akrab dengan warga. Mereka saling mengoper cangkul dan karung yang berisi lumpur serta sampah hasil kerja bakti. Tak jarang pula warga dan prajurit bersalaman dan berfoto bersama untuk mengabadikan momen indah ini.

Serka Isak B. Ogelang menuturkan, Meski melelahkan, namun semua warga nampak begitu bahagia dapat berkontribusi untuk lingkungan yang lebih baik. Kerja sama yang apik antara warga dan TNI ini semakin menguatkan tali persaudaraan dan rasa kebersamaan untuk membangun lingkungan yang bersih dan sehat.

“Semoga aksi kerja bakti yang humanis ini dapat terus digalakkan di seluruh pelosok negeri sebagai wujud kepedulian kita semua terhadap lingkungan. Bersama, kita pasti bisa,” tutur Babinsa Serka Isak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *