oleh

Danramil Molibagu Hadiri Musrembang Kecamatan Helumo

-Bolsel-259 views

KilasSulut.com, B O L S E L – Tahapan pemantapan usulan program atau kegiatan di setiap Desa yang nantinya akan disampaikan pada forum SKPD untuk memformulasikan usalan tersebut di tahun 2020, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat Kecamatan, Rabu (13/02/2019).

Musrembang Kecamatan kali ini digelar adalah Kecamatan Helumo, yang dibuka oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Bolsel, Ramli Abdul Majid, yang mewakili Bupati Iskandar Kamaru, Danramil 1303-08/BU Kapten Inf Jani Mamangkey, juga turut dihadiri oleh anggota DPRD, pimpinan SKPD, para Camat, Sangadi (Kepala Desa, red) dan perangkatnya, serta BPD.

Musrembang Kecamatan Helumo ini, selain berpedoman pada Undang-Undang, juga mengacu pada visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan.

Musrembang Kecamatan 2020, juga sebagai forum untuk menghasilkan kesepakatan antara pelaku pembangunan tentang rancangan, yang menitikberatkan pada sinkronisasi rencana kerja antar SKPD dan antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat agar tujuan dan sasaran yang telah diamanatkan dalam visi dan misi daerah dapat dicapai sesuai rencana yang telah ditentukan.

Kegiatan musyawarah pembangunan ini, juga merupakan salah satu wahana yang efektif untuk memaduserasikan perencanaan bottom up dengan perencanaan yang bersifat top down sehingga diharapkan mampu menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya didalam bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

Dimana, pemerintah, masyarakat dan semua kalangan dapat terlibat secara bersama-sama dalam proses pembangunan mulai dari membuat konsep, merencanakan, melaksanakan, mengawasi dan memelihara hasil-hasil pembangunan sesuai prinsip-prinsip pembangunan partisipatif.(Syd).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.