Kopda Munawir Bantu Petani Desa Lolak Cabut Gulma

Bolmong381 views

B O L M O N G – Babinsa Desa Lolak Koramil 1303-11/Lolak Kopda Munawir melaksanakan pendampingan kepada salah satu petani di wilayah binaannya dalam kegiatan pemupukan dan penyiangan tanaman padi yang berumur kurang lebih 4 minggu, Senin (16/02/2019).

Dalam rangka mendukung program swasembada pangan Nasional, Koramil 1303-11/Lolak melalui para Babinsanya terus berupaya memberikan motivasi kepada para petani dengan cara memberikan pendampingan dengan turun langsung ke sawah membantu petani di wilayah binaannya masing-masing.

Kopda Munawir mengatakan, gulma pada tanaman padi merupakan tanaman pengganggu, apabila tidak ditangani secara serius bisa menjadi kendala serius bagi para petani karena dapat menurunkan produksi padi. “Dominasi gulma pada tanaman padi pada masa pertumbuhan hingga masa panen sangat besar sekali pengaruhnya, sehingga harus dikendalikan dengan cara dibersihkan secara baik menggunakan alat atau dengan obat pengendali gulma,” ujarnya.

“Gulma disamping mempengaruhi pertumbuhan tanaman juga ada yang dapat dijadikan inang oleh hama dan penyakit pada tanaman padi, sehingga kalau kita membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan sejak dini jelas akan menimbulkan kerugian,” ujar Kopda Munawir.

Di tempat terpisah Danramil 1303-11/Lolak Kapten Inf Paulus Landeng mengatakan, dengan adanya pendampingan petani yang dilakukan oleh anggotanya diharapkan dapat memotivasi para petani dalam mengolah lahan pertaniannya, sehingga produksi tani khususnya Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) terus mengalami peningkatan.

Lebih lanjut ditambahkan, idealnya para Babinsa selalu bersinergi dengan PPL setempat dalam kegiatan pendampingan, akan tetapi hal ini susah dilakukan setiap hari, mengingat para PPL dan Babinsa disamping tugas pendampingan juga mempunyai tugas-tugas lain yang harus tetap dilaksanakan.

”Bila memungkinkan Babinsa dan PPL bisa turun ke sawah bersama-sama membantu petani, sehingga hasilnya akan lebih maksimal,” papar Danramil Lolak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *