Babinsa Sangkub Satu Dampingi Petani Merawat Tanaman Jagung

Bolmut248 views

B O L M U T – Babinsa Sangkub Satu Koramil 1303-15/Bintauna Kopda Densi Suwardi melaksanakan pendampingan perawatan tanaman jagung yang berada di Desa Sangkub Satu Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sabtu (09/03/2019).

Pada perawatan tanaman jagung yang berlangsung di lahan pertanian seluas 1 hektar ini milik Bapak Ajis Korompot (47), anggota Kelompok Tani (Poktan) “Dirgahayu”, yang ditanami jenis jagung varietas BISI-228.

Menurut keterangan Babinsa setempat Kopda Densi Suwardi, pada perawatan tanaman jagung tersebut, dilakukan pemupukan menggunakan jenis pupuk Urea, Ponska serta pupuk organik. “Dan alhamdulillah di lahan ini tidak terdapat hama,” imbuhnya.

“Ini pemupukan yang kedua kalinya, pertama pada saat tanaman jagung berusia 15 hari, untuk pemupukan kedua yang sedang berlangsung ini saat tanaman jagung berumur 22 hari,” terang Babinsa.

Untuk diketahui, tanaman jagung mudah tumbuh di berbagai macam tanah termasuk pada tanah agak kering, akan tetapi untuk mencapai hasil optimal, selain tanah yang subur diperlukan pengolahan lahan yang baik, ketersediaan air yang cukup, perawatan tanaman dan pemupukan yang tepat.

Sementara itu pada kesempatan berbeda Plh Danramil 1303-15/Bintauna Pelda Tenny Warouw mengatakan, kegiatan pendampingan pemupukan tanaman jagung yang dilakukan oleh Babinsa merupakan bagian dari pendampingan ketahanan pangan dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan khususnya komoditas padi, jagung dan kedelai (Pajale).

“Kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa ini untuk memotivasi para petani agar lebih meningkatkan produktivitas jagung, bila hasil panen meningkat maka dengan sendirinya akan menambah pendapatan petani itu sendiri,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *