Sistem Tabela, Babinsa Bantu Petani Desa Lolak Tanam Padi

Bolmong305 views

B O L M O N G – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1303-11/Lolak Kopda Munawir melakukan pendampingan tanam padi sistem tanam benih langsung (Tabela) diatas lahan milik Bapak Irwandi Paputungan dengan luas lahan 1 Ha yang berada di Desa Lolak Kecamatan Lolak Kabupaten Bolmong, Sabtu (01/06/2019).

Danramil 1303-11/Lolak Kapten Inf Paulus Landeng saat dikonfirmasi mengatakan bahwa, Babinsa bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) mendampingi petani menanam padi karena saat ini memasuki musim hujan bertepatan dengan masa tanam di sebagian areal sawah di Desa Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow.

Danramil mengatakan petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan Tanam benih langsung dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktifitas panen.

“Pada program ketahanan pangan di Kecamatan Lolak, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan mulai dari penentuan turun sawah, pengolahan lahan, perawatan bahkan sampai dengan penyaluran hasil panen nantinya,” tutur Danramil.

Danramil menambahkan bahwa, tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola tanam benih langsung tetapi memasuki bulan Juni ini sudah menyambut hari raya Idhul Fitri maka petani menanam padi dengan sistem tabela agar masa puasa nanti petani hanya melakukan perawatan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *