Bantu Tanam Jagung, Babinsa Pertahankan Budaya Gotong Royong

Bolmong347 views

B O L M O N G – Dalam rangka upaya membantu meningkatkan ketahanan pangan di wilayah, Babinsa Koramil 1303-09/Bolaang Sertu Muhadan, mendampingi petani tanam jagung yang berada di Desa Lolan Dua Kecamatan Bolaang Timur Kabupaten Bolmong, Kamis (10/10/2019).

Di lahan seluas 1.000 meter milik Bapak Budiman Manoppo yang merupakan anggota Kelompok Tani Sapadaka, penanaman jagung Hibrida Bisi-18 dilakukan secara manual dengan menggunakan tenaga manusia dari dusun atau desa sekitar.

“Aktivitas pendampingan terhadap petani merupakan salah satu upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan untuk komoditas Pajale (Padi, Jagung, dan Kedelai) di wilayah binaan,” ungkap Sertu Muhadana saat di lokasi tanam jagung.

Sertu Muhadan menambahkan, tanaman jagung merupakan komoditas pangan utama setelah tanaman padi, yang banyak dikonsumsi sebagian masyarakat sebagai makanan pokok dan sejumlah manfaat lainnya.

“Selain itu jagung juga digunakan untuk makanan ringan dan pakan ternak termasuk daun dan batangnya. Tidak itu saja, jagung juga digunakan untuk bahan baku sejumlah penganan lainnya,” tambahnya.

Pantauan di lapangan, tampak Babinsa dan sejumlah petani secara gotong royong melakukan penanaman jagung. Sebagian dari mereka membuat lubang dengan menggunakan kayu dan sebagian memasukan benih jagung pada lubang yang sudah disiapkan.

Sementara itu Plh Danramil 1303-09/Bolaang Pelda Lefran Lomboan mengungkapkan, pendampingan ketahanan pangan atau yang dikenal dengan “Upsus Pajale” yang dilakukan Babinsa bersama PPL tidak hanya untuk petani padi, namun dilakukan juga untuk petani jagung dan kedelai, mulai pendistribusian benih dan pupuk, pengolahan lahan, masa perawatan hingga panen tiba.

“Melalui pendampingan ini diharapkan, dapat membantu tercapainya ketersediaan pangan di wilayah Bolaang khususnya komoditas padi, jagung dan kedelai. Paling tidak dengan hadirnya Babinsa mampu memberikan semangat bagi petani untuk meningkatkan produksi secara maksimal,” pungkas Pelda Lefran Lomboan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *