Kodim 1303/Bolmong Gelar Samapta Periodik

Kotamobagu1,031 views

KOTAMOBAGU – Untuk menjaga kebugaran semua personil Kodim 1303/Bolmong secara kontinyu melaksanakan Tes Samapta Periodik Semester II Tahun 2019 bertempat di Makodim 1303/BM yang diikuti oleh seluruh prajurit, Selasa (12/11/2019).

Pelaksanaan Semapta tersebut terdiri dari Tes Kesegaran “A” yaitu lari selama 12 menit dan Tes Kesegaran “B” yaitu Pull Up, Sit Up, Push Up, Lungers serta Shuttle Run dan dilanjutkan dengan Tes Ketangkasan Renang gaya Dada dengan jarak 50 Meter.

Dalam Tes Samapta tersebut diawasi langsung oleh Tim Jasmani Militer dari Korem 131/Santiago yaitu Pelda Jerry Siat bersama Serda Setyo.

Sebelum kegiatan Samapta dimulai Kepala Staf Kodim 1303/BM Mayor Inf Burhan S.Sos menyampaikan, “Kegiatan ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan Prajurit Kodim 1303/Bolmong guna mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AD,” ujarnya.

“Harapannya melalui Tes Samapta Periodik ini kita dapat mengukur kemampuan jasmani prajurit setiap 6 bulan sekali. Apakah ada peningkatan atau sebaliknya mengalami penurunan. Apabila jasmani prajurit meningkat harus dipertahankan akan tetapi apabila jasmani prajurit menurun perlu diadakan pembinaan fisik secara ekstra disatuan,” ucap Kasdim.

Lanjut Kasdim, Dalam pelaksanaannya seluruh prajurit harus dengan sungguh-sungguh dan secara maksimal agar hasil yang tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam pelaksanaan Tes Samapta ini para prajurit perorangan akan diambil data nilainya, terutama bagi prajurit yang akan UKP atau Uji Kenaikan Pangkat, sebagai data nilai awalnya. “Apabila ada prajurit yang belum mencapai nilai yang sudah ditetapkan dalam kategori lulus, nantinya prajurit tersebut akan dibina dan diberikan pelatihan sampai mencapai nilai yang diharapkan,” tutur Kasdim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *