Babinsa Bantu Petani Bajak Lahan Pertanian Secara Tradisional

Bolmong1,266 views

B O L M O N G – Koramil 1303-10/Poigar jajaran Kodim 1303/Bolmong di bawah pimpinan Danramil Kapten Inf Paulus Landeng, memerintahkan para Babinsa agar tetap intensif melaksanakan pendampingan pertanian dengan warga desa binaannya masing-masing.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 1303-10/Poigar Serda Zainuddin Mansyur, Kamis (26/12/2019). Di sana Babinsa membantu Kelompok Tani yang masih membajak lahan pertanian secara tradisional di Desa Nonapan Kecamatan Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow. Babinsa membantu para petani dengan tenaganya untuk menarik sapi dan membajak lahan sawah, sebelum ditanami jagung.

Membajak sawah dengan alat tradisional yang ditarik oleh satu atau dua ekor sapi bisa juga kerbau memang masih dilakukan oleh sebagian petani di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Meski tidak semua petani melakukannya, namun alat bajak tradisional tersebut masih menjadi andalan untuk mengerjakan lahan pertanian di wilayah setempat. Hal itu dilakukan bukan berarti sejumlah petani tidak mau menggunakan bajak mesin atau traktor. Namun, kondisi daerah, membuat sebagian petani di Desa Nonapan merasa kesulitan jika harus membawa bajak mesin atau traktor.

“Sebagian kondisi area persawahan berada di perkebunan, sehingga membuat sebagian petani kesulitan jika menurunkan atau menaikkan traktor ke sawah, oleh karenanya mereka memilih menggunakan ternak sapi dan bajak tradisional,” tutur Serda Zainuddin Mansyur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *