Babinsa Bersama Petani Berantas Gulma

Bolmong823 views

B O L M O N G – Menumpas pertumbuhan gulma atau rumput liar di lahan jagung perlu dilakukan agar tanaman tumbuh subur dan akhirnya menghasilkan panen melimpah.

Seperti itulah yang dilakukan Babinsa Koramil 1303-10/Poigar Serda Ramli saat mendampingi petani Bapak Salim Mamonto di Desa Poigar Tiga Kecamatan Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow, Jumat (20/12/2019).

Di lahan seluas 0,5 hektar yang ditanami jagung jenis Bisi-18 dengan usia 25 hari itu, Serda Ramli membantu menumpas gulma yang sudah mulai tumbuh dengan cara penyemprotan.

“Tujuan penyemprotan ini untuk menghambat bahkan mematikan pertumbuhan rumput liar yang kehadirannya justru akan menggangu perolehan unsur hara yang dibutuhkan tanaman utama,” ucap Serda Ramli.

Dijelaskannya, petani di wilayah binaannya saat ini sudah mulai beralih menanam jagung atau kedelai. Hal ini dilakukan karena iklim saat ini yang mulai kemarau membutuhkan tanaman yang tidak memerlukan banyak air, dan salah satunya yang cocok adalah jagung atau kedelai.

Menurut Serda Ramli, jagung atau kedelai merupakan komoditas yang juga akan ditingkatkan produktivitasnya secara Nasional melalui program ketahanan pangan dan swasembada Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *