Serka Supardi Bantu Petani Desa Tungoi Satu Jemur Padi

Bolmong213 views

B O L M O N G – Anggota Koramil 1303-04/Lolayan Serka Supardi membantu Bapak Wit salah seorang petani di Desa Tungoi Satu Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow, menjemur padi hasil panennya, Senin (18/05/2020).

Penjemuran tersebut berlangsung di halaman gilingan padi Desa Tungoi Satu. Bapak Wit sendiri, pekerjaan sehari harinya adalah bertani di desa tersebut, yang baru saja selesai panen di musim ini. Ia terlihat menjemur padi dengan didampingi Babinsa Serka Supardi.

Kepedulian Serka Supardi disela tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang Babinsa adalah membantu menjemur padi milik Bapak Wit, hingga semua karung padi tersebut telah dijemur.

“Ini membuktikan bahwa TNI masih peduli terhadap hasil hasil bumi khususnya dibidang pertanian, yang merupakan masih tugas dan kewajiban dalam pendampingan pertanian untuk menjaga ketahanan pangan tetap terjaga,” ucap Bapak Wit.

Bapak Wit pun merasa senang dengan kedatangan anggota Babinsa yang peduli dan mau menyempatkan waktunya di sela-sela tugas dengan ikut serta mengangkut padi dan membantu menjemur padi bersamanya.

“Terimakasih tak terhingga membantu saya menjemur padi, sehingga pekerjaan hari ini lebih ringan,” ucap Bapak Wit.

Sementara itu, Serka Supardi mengatakan, bahwa padi yang sudah dipanen ini sebelum digiling harus keringkan dulu dengan cara dijemur, setelah itu baru bisa digiling, dan nantinya setelah menjadi beras bisa untuk konsumsi sendiri atau bisa juga dijual ke pembeli yang membutuhkan.

“Juga bisa disimpan dalam bentuk padi kering untuk cadangan pangan. Cara masyarakat desa menanam dan mengolah padi menjadi beras, masih tradisional, namun hasilnya bisa menjaga ketahanan pangan,” tutur Serka Supardi.