Serda Kusnadi Dampingi Petani Merawat Tanaman Jagung

Bolmong1,075 views

B O L M O N G – Pendampingan Babinsa kepada petani tidak hanya membantu meringankan pekerjaan mengolah lahan, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, di samping sebagai upaya dukungan menyukseskan program Ketahanan Pangan Nasional.

Hal inilah yang sedang dilakukan Babinsa Koramil 1303-02/Passi Serda Kusnadi, saat membantu merawat tanaman jagung di lahan seluas 0,5 hektar milik Bapak Jahin Mokodompit di Desa Passi Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow, Kamis (11/06/2020).

Dalam kegiatan pendampingan kali ini, Serda Kusnadi ikut membantu Bapak Jahin Mokodompit membersihkan gulma (rumput) liar di sela-sela tanaman jagung miliknya.

“Pembersihan rumput liar di sela tanaman jagung perlu rutin dilakukan. Karena keberadaan rumput liar menjadi pesaing bagi tanaman utama dalam penyerapan unsur hara dari dalam tanah,” ucap Serda Kusnadi.

Sementara itu, Bapak Jahin Mokodompit mengaku jadi lebih paham dalam mengolah dan merawat tanaman jagung untuk ke depannya. “Terima kasih buat bapak Babinsa yang selalu hadir memberikan bantuan kepada kami, meski tanpa diminta,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Plh Danramil 1303-02/Passi Pelda Rein Pongoh menambahkan, pendampingan kepada petani juga sebagai salah satu metoda pendekatan Binter (Pembinaan Teritorial) yang menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa sebagai Apkowil.

“Dengan selalu berinteraksi dengan petani, Babinsa tidak saja melaksanakan tugas mendukung keberhasilan program ketahanan pangan, tetapi juga bisa melakukan komunikasi sosial (komsos) dalam upaya memantapkan Bintahwil (Pembinaan Pertahanan Wilayah),” tutur Pelda Rein Pongoh.