Petani Desa Pasir Putih Panen Jagung Bersama Babinsa

Bolmong316 views

B O L M O N G – Serka Melkianus Tamaapa yang kesehariannya menjabat sebagai seorang Babinsa Koramil 1303-12/Sangtombolang melaksanakan kegiatan pendampingan Panen Jagung dengan luas lahan mencapai 0,5 Ha yang bertempat di Desa Pasir Putih Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow, Jumat (03/07/2020).

Dalam pendampingan itu, Babinsa bersama Ibu Nelce Tampi memanen jagung dengan varietas Bisi-228 yang sudah nampak menua serta sudah waktunya dipanen, dan untuk hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan saat ini.

Pendampingan ini dilakukan tidak saat panen saja, namun mulai pendistribusian benih dan pupuk, pengolahan lahan, penyemaian bibit, masa tanam, masa perawatan hingga masa panen tiba seperti saat ini.

“Melalui pendampingan ini, para Babinsa harus mampu mengajak dan memotivasi petani untuk lebih bersemangat dalam mengelola lahan pertanian sehingga produktifitas pertanian semakin meningkat,” ujar Serka Melkianus.

Bagi petani dengan adanya Babinsa yang sering melaksanakan pendampingan walau hanya secara orang perorangan, namun dampaknya akan lebih baik bagi petani.

“Dengan adanya Babinsa petani lebih leluasa untuk saling tukar informasi tentang pertanian khususnya jagung karena Desa Pasir Putih ini memang kebanyakan petani jagung dan petani padi,” tutur Babinsa Serka Melkianus Tamaapa.