Babinsa Berikan Pendampingan Kepada Petani Tomat Di Desa Sinsingon Barat

Bolmong456 views

B O L M O N G – Sinergitas TNI dalam hal ini Kodim 1303/Bolaang Mongondow bersama Rakyatnya selalu ditunjukan disetiap moment dan kegiatan di desa binaannya seperti dibidang teritorial melalui Komunikasi Sosial atau Komsos.

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 1303-02/Passi Serda Jeskie Pangemanan dengan mendampingi sekaligus membantu petani tomat di Desa Sinsingon Barat Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow, Rabu (30/09/2020).

Kegiatan pendampingan tersebut adalah dengan melaksanakan penanaman bibit Tomat yang dilakukan di lokasi lahan seluas 0,5 hektar. Bertujuan untuk memotivasi para petani Desa Sinsingon Barat sebagai salah satu upaya ketahanan pangan serta meningkatkan kesejahteraan rakyat dibidang ekonomi.

Babinsa Serda Jeskie Pangemanan dalam kesempatan ini mengatakan, Petani di Desa Sinsingon Barat tetap rutin dan konsisten dalam menjalankan program ketahanan pangannya dan mampu menjaga program tersebut.

Dikesempatan itu juga Serda Jeskie Pangemanan sedikit menjelaskan mengenai tanaman tomat yang dalam bahasa latinnya “Lycopersicum esculentum” adalah tanaman asli dari Amerika Tengah dan Selatan, yang idealnya ditanam pada kisaran suhu 20-27 derajat Celcius dengan curah hujan sekitar 750-1250 mg per tahun.

“Ada varietas yang cocok di dataran tinggi seperti tomat Bonita F1 dan Ultima F1, ada yang cocok di dataran rendah dan ada juga yang bisa di datanam di lokasi keduanya seperti Permata dan Servo,” terang Babinsa Serda Jeskie.

“Pemilihan jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karakteristik lokasi. Apabila lokasi kebun berada di dataran tinggi, maka pemilihan bibit baiknya varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitupun sebaliknya,” tutur Serda Jeskie Pangemanan.

Lebih lanjut Babinsa menambahkan bahwa bibit tomat bisa didapatkan dengan mudah di berbagai toko toko pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *