Prabinsa Koramil 1303-02/Passi Monitor Kebakaran Rumah Di Wilayah Binaan

Kotamobagu251 views

KOTAMOBAGU – Si jago merah melahap rumah Heri Paputungan (59) warga Kelurahan Mongkonai Barat (Lorong Kapala) RT 1 RW 1 Lingkungan 1 Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu, Sabtu (31/01/2021) sekitar pukul 00.35 WITA.

Berdasarkan laporan Prajurit Pembina Desa atau Prabinsa Koramil 1303-02/Passi Prada Jati Katili, Kronologis Kejadian bermula sekitar Pukul 20.30 Wita, pemilik rumah Bapak Heri Paputungan bersama Istri Keluar menuju ke rumah mertua yang tak jauh dari rumahnya tepatnya di depan jalan trans AKD Mongkonai.

Pada saat keluar rumah Bpk Heri bersama istri meninggalkan rumah dalam keadaan tidak ada penghuni dan posisi rumah dalam keadaan terkunci.

Dan pada Pukul 00:15 Wita, Tetangga Korban Pak Abi Paputungan yang saat itu sedang berada di rumah menonton TV. dan mendengar bahwa rumah di samping terdengar suara seperti ad yg menggoreng tapi suara tersebut terdengan cukup keras dan memdengarkan suara ledakan kecil seperti petasan. Mendengar suara tersebut Bapak Abi keluar rumah dan melihat belakang rumah Bapak Heri (korban) telah mengeluarkan asap tebal dan keadaan dapur telah dilalap si jago merah.

Melihat kejadian tersebut, rumah Bapak Heri Sudah terbakar dan api sudah menyala hingga di bagian atap atau Plafon dapur dan beberapa saat kemudian terdengar suara ledakan keras berasal dari tabung LPG 3 KG. Sehingga api lebih besar dan merembes ke bagian badan Rumah.

Sekitar Pukul 00:18 Wita. Pak Abi langsg berteriak dan memanggil tetangga terdekat rumah Bapak Heri sudah terbakar. melihat kejadian tersebut para korban langsung bergegas memanggil Bapak Heri yang tak jauh dari rumahnya dan ikut langsung memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.

Pada saat Pukul 01:15 Wita. 4 (empat) Mobil pemadam kebakaran tiba di TKP dan langsung memadamkan api.

Pada pukul 01:30 Wita api berhasil dipadamkan dengan bantuan Kendaraan Pemadam Kebakaran milik Pemkot Kota Kotamobagu yang dibantu oleh masyarakat Sekitar.

Dugaan penyebab kebakaran sementara ini, pemicu api berasal dari konleting listrik. Dikarenakan awal mula munculnya api berasal dari bagian atap plafon dapur.

Kerugian Materil 1 Unit Rumah milik Bapak Heri Paputungan terbakar 80% dan Kerugian ditaksir berkisar 80 juta Rupiah.

Dalam upaya penyelematan, Barang yang berhasil di selamatkan adalah uang tunai 7 Juta Rupiah dan emas perhiasan 7 Gram termasuk kursi, TV dan pakaian serta berkas berkas penting lainnya dan Alhamdulillah untuk korban jiwa tidak ada.

Sementara itu, Kejadian tersebut sudah ditangani oleh Pihak Polres Kota Kotamobagu. Dan selanjutnya dalam tahap penyelidikan.