Wujudkan Kemanunggalan, Prabinsa Dampingi Petani Pupuk Tanaman Padi

Bolmut262 views

B O L M U T – Seorang Prabinsa (Prajurit Pembina Desa) harus menjadi motivator dan pelopor dalam setiap kegiatan masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah binaannya.

Seperti yang dilakukan Prada Zulfikar Koro dari Koramil 1303-15/Bintauna. Prada Zulfikar terjun langsung ke sawah dalam melaksanakan pendampingan pemupukan tanaman padi di sawah milik Zulkifli Datunsolang (52), warga Desa Sangkub Dua Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Selasa (02/03/2021).

Bapak Zulkifli menanam padi jenis Lolombi di sawahnya yang memiliki luas mencapai satu hektar.

“Pemupukan padi ini wajib dilakukan agar pertumbuhannya tetap baik sampai tiba masa panen. Jika tidak diberi pupuk dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan seperti tanaman lebih pendek dari ukuran normalnya kemudian daunnya kuning,” ujar Prada Zulfikar.

Dia menambahkan, tujuan pemupukan ini untuk memberikan kesuburan tanaman padi, sebagai langkah proaktif dalam menanggulangi serangan hama pada tanaman padi.

Di kesempatan ini Prada Zulfikar juga mengimbau kepada para petani agar melakukan pemupukan secara serentak agar penanggulangan hama padi berjalan efektif.

“Kami sampaikan kepada para petani khususnya Bapak Zulkifli agar selalu merawat tanaman padi tersebut. Kami juga minta agar petani melakukan penyemprotan secara rutin untuk mencegah serangan hama,” ucapnya.

Keikutsertaan Prabinsa merupakan upaya khusus untuk menjaga program Ketahanan pangan yang akan terus dilakukan di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Selain itu kebersamaan Prabinsa dalam membantu petani merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

“Sesuai harapan, pemupukan dapat dilakukan secara efektif, sehingga tanaman padi tumbuh subur, hasilnyapun maksimal sesuai dengan harapan,” tutur Prada Zulfikar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *