oleh

Didampingi Forkopimda, Dandim Bolmong Canangkan Kampung Pancasila di Desa Mopuya Bersatu

B O L M O N G – – Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker S.Sos mencanangkan Desa Mopuya Bersatu sebagai Kampung Pancasila yang bertempat di Mopuya Bersatu Kabupaten Bolaang Mongondow, Selasa (20/09/2022).

Kampung Pancasila merupakan program yang digagas oleh TNI AD, dimana setiap Kabupaten/Kota akan ada satu lokasi yang akan dijadikan Kampung Pancasila dan bertujuan untuk menjaga segala dinamika di masyarakat.

Kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Mopuya Bersatu mendapat respon yang positif dari masyarakat, terbukti dengan kedatangan rombongan Forkopimda dijemput ratusan siswa SD, SLTP dan SLTA disertai dengan tarian Bali Gandul dari siswa SMA Swadharma Mopugad dan tarian jarang kepang yang dibawakan oleh sanggar tari Turonggo Yakso.

Sebelum pencanangan Kampung Pancasila dimulai, Tarian selamat datang khas Bolaang Mongondow atau Tari Kabela yang dibawakan oleh siswi Mts Negeri 02 Mopuya turut meramaikan kegiatan tersebut.

Dalam sambutan yang dibawakan oleh Komandan Kodim 1303/Bolmong, Letkol Inf Topan Angker S.Sos mengatakan, Nilai Nilai Pancasila dewasa ini sangat diperlukan untuk kehidupan bermasyarakat sesuai dengan Tap MPR no.II/MPR/1978 tentang Pancasila.

“Namun saat ini dengan terus berkembangnya teknologi dalam kehidupan masyarakat, nilai nilai Pancasila semakin hari semakin terkikis. Oleh sebab itu, diperlukan adanya usaha untuk menumbuhkan kembali nilai nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat salah satunya adalah dengan adanya Kampung Pancasila,” ujar Dandim.

Latar belakang dibentuknya Kampung Pancasila ini adalah yang pertama melestarikan dan menegakkan nilai nilai Pancasila sebagai pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

“Yang kedua sebagai contoh penerapan nilai nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari hari di masyarakat, yang ketiga sebagai contoh hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan suku, ras dan agama,” ucap Dandim.

Diakhir sambutannya, Dandim Bolmong menuturkan, Pencanangan Kampung Pancasila yang diresmikan di wilayah Teritorial Kodim 1303/Bolaang Mongondow khususnya dipusatkan di Desa Mopuya Bersatu bertujuan untuk memantapkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga yang multi kultur, multi etnis dan multi agama.

“Pencanangan Kampung Pancasila sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran paham radikalisme, ekstremisme dan terorisme yang akan berkembang di wilayah Dumoga Bersatu ini. Kami mengucapkan banyak banyak terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada pemerintah Kabupaten Bolmong yang telah mendukung terbentuknya keberadaan kampung Pancasila di wilayah teritorial Kodim 1303/Bolaang Mongondow,” tutur Dandim.

Turut hadir Ir Limmy Mokodompit MM (PJ Bupati Bolaaang Mongondow), AKBP Slamet Ramelan SIK SH MH (Kapolres Bolmong), Junita Beatrix Ma’i SH,MH (Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu), Martin Siahaan SH (Mewakili Kepala Kejaksaan Kotamobagu), Deker Rompas SE MM (Asisten I Sekda Kabupaten Bolmong), Kapten Czi Sardi O. Mamonto (Danramil 1303-07/Dumoga), AKP Sahir Budi Mantoyo SE ( Kapolsek Dumoga Utara), Hamandu Mamonto SPd MAp (Camat Dumoga Utara), Para Sangadi se Kecamatan Dumoga Utara) dan ratusan warga Desa Mopuya Bersatu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.