Babinsa Bantu Petani Desa Insil Bersatu Panen Daun Bawang

Bolmong11 views

B O L M O N G – – Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-02/Passi Kopda Irvan Hardianto bersama warga Desa Insil Baru Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow melasanakan panen daun bawang, Selasa (06/12/2022).

Kopda Irvan Hardianto mengatakan, Panen daun bawang ini merupakan salah satu bentuk pendampingan kepada petani di wilayah binaan guna memberikan motivasi dan juga sarana untuk menjalin tali silaturahmi.

“Pagi ini saat melaksanakan pemantauan wilayah, saya melihat Lukman Mokoginta sedang memanen daun bawang miliknya dilahan seluas satu hektar sehingga dalam kesempatan tersebut turut membantu guna menjalin tali silaturahmi,” ujar Babinsa.

Menurutnya, Daun bawang merupakan jenis sayuran dari kelompok bawang yang banyak digunakan dalam setiap masakan. Untuk masakan Indonesia pada umumnya, Daun bawang bisa ditemukan dalam martabak telur, sebagai bagian dari sup atau sebagai bumbu tabur seperti pada masakan soto.

“Daun bawang mampu beradaptasi baik jika ditanam di dataran rendah, dilahan irigasi maupun lahan kering dan bisa tumbuh dengan subur, sehingga Daun bawang mempunyai prospek untuk dikembangkan di lahan kering walaupun dengan luasan lahan kecil sekalipun,” ucap Babinsa.

Sementara itu di tempat terpisah, Danramil 1303-02/Passi Kapten Inf Muyassir SIP memberikan apresiasi yang besar terhadap para petani di Desa Insil.

Danramil berharap, agar para petani lain dapat termotivasi dan terdorong untuk terus meningkatkan hasil produksinya. Sehingga para petani mampu meningkatkan penghasilannya menjadi lebih baik.

Dalam hal pendampingan anggotanya, Danramil menuturkan bahwa hal tersebut bertujuan untuk membantu petani yang dimulai sejak masa pengolahan hingga pelaksanaan panen tiba seperti saat ini.

“Oleh karena itu, Babinsa harus terus melaksanakan pemantauan rutin terhadap pertumbuhan tanaman, dengan harapan tanaman bisa tumbuh dengan subur dan mampu meningkatkan hasil pertaniannya sehingga kesejahteraan para petani juga semakin meningkat,” tutur Danramil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *