oleh

Babinsa Dampingi Petani Berantas Gulma Tanaman Padi

B O L M O N G – Bintara Pembina Desa Koramil 1303-12/Sangtombolang memaksimalkan upaya khusus pendampingan ketahanan pangan di seluruh wilayah Koramilnya dengan menurunkan para Babinsanya langsung ke sawah.

Aktivitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa secara serentak di desa binaan masing-masing ini, bertujuan untuk membantu petani mewujudkan swasembada pangan demi tercapainya ketahanan pangan secara nasional.

Kali ini upaya khusus pendampingan dilakukan Babinsa Sertu Sarman yang mendampingi petani membersihkan gulma dan rumput liar di lahan seluas 2 hektar milik Bapak Abdul Gafur yang terletak di Desa Maelang Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow, Rabu (14/10/2020).

Gulma merupakan tanaman pengganggu yang menjadi salah satu kendala utama yang dihadapi petani dalam memperoleh hasil panen yang maksimal. Hal tersebut disampaikan Babinsa Sertu Sarman di sela-sela kegiatan pendampingan.

Untuk itu, lanjut Babinsa, salah satu cara untuk mengendalikan gulma atau rumput liar melalui membasminya dengan memotong akar atau mencabut gulma itu sendiri.

“Selain ini pengendalian gulma juga bisa dilakukan melalui penggunaan herbisida tertentu, apabila terbebas dari gulma, maka tanaman padi akan lebih leluasa menyerap unsur hara, air dan cahaya serta dapat tumbuh maksimal sehingga hasil panen lebih optimal,” tutur Babinsa Sertu Sarman.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed