oleh

Kopda Densi Bantu Petani Merawat Tanaman Jagung

-Bolmut-200 views

B O L M U T – Bintara Pembina Gesa (Babinsa) Koramil 1303-15/Bintauna Kopda Densi Suwardi melaksanakan Upsus (upaya khusus) pendampingan petani dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan yang berada di Desa Sangkub Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolmut, Senin (11/02/2019).

Dalam pendampingan tersebut Babinsa membantu petani mencabuti rumput yang tumbuh disekitar tanaman jagung bersama-sama dengan pemilik lahan Bapak Anding Korompot yang merupakan anggota Kelompok Tani (Poktan) “Dirgahayu”.

Kopda Densi Suwardi mengatakan, perawatan ini dilaksanakan dengan rutin agar hasil panen sesuai yang diharapkan. “Tanaman penggangu yang tumbuh diantara tanaman utama akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman utama, karena bersaing dalam penyerapan asupan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh yang mengakibatkan tidak optimalnya produksi,” ujarnya.

Bapak Anding Korompot pemilik lahan mengatakan, “Merasa senang dengan kehadiran Babinsa yang memberikan arahan bagaimana cara perawatan jagung dan pupuk apa yang harus digunakan agar hasil panen dapat maksimal,” tuturnya.

“Perawatan wajib dilakukan terutama pembersihan rumput liar atau gulma, penyiangan sebaiknya dilakukan sejak jagung sudah mulai tumbuh dan begitu juga dengan pembasmian hama,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.