Babinsa Dampingi Petani Desa Pasir Putih Bajak Sawah

Bolmong211 views

B O L M O N G – Babinsa Koramil 1303-12/Sangtombolang Serka Melkianus Tamaapa membantu petani membajak lahan milik Bapak Remurt Daud yang merupakan petani Desa Pasir Putih Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondo dengan menggunakan traktor modern dilahan seluas 1,5 hektare, Senin (02/12/2019).

Danramil 1303-12/Sangtombolang Lettu Inf Rolius Sagulani mengungkapkan, Pengolahan menggunakan traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami, “Dengan menggunakan traktor akan mengubah sifat fisik tanah, yang semula keras menjadi datar dan gembur,” ujar Danramil.

Ia menjelaskan, keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air, sehingga dapat menghemat air.

“Dengan alat modern tersebut, diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan jagung terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan Nasional khususnya Pajale,” ucap Lettu Inf Sagulani.

“Jagung merupakan tanaman yang tidak terlalu menggunakan air lebih cocok pada musim kemarau seperti sekarang. Ketersediaan pangan khususnya jagung bagi masyarakat harus selalu terjamin,” tuturnya.

Dengan terpenuhinya kebutuhan jagung maka masyarakat akan memperoleh hidup yang tenang apalagi dengan harga jagung yang tinggi nantinya dan mampu berperan dalam pembangunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *