Babinsa Koramil Bolangitang Dampingi Petani Basmi Gulma

Bolmut172 views

B O L M U T – Seperti kita ketahui bersama, gulma atau rumput liar menjadi salah satu kendala bagi para petani dalam proses produksi pertanian.

Gulma atau tanaman liar biasanya tumbuh subur di sela-sela atau di antara tanaman yang keberadaannya sangat mengganggu tanaman padi sebagai tanaman induk hingga berdampak dengan turunnya hasil panen.

Sebagai langkah antisipasi merebaknya Gulma tersebut, Babinsa Koramil 1303-14/Bolangitang Serda Ismail terjun langsung ke lapangan melaksanakan pendampingan pembasmian gulma dengan cara penyemprotan di lahan sawah seluas satu hektar milik Bapak Risky Pontoh warga Desa Binjeita Satu Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Jumat (13/12/2019).

Saat dikonfirmasi, Serda Ismail mengungkapkan, penyemprotan gulma ini menggunakan herbisida. Herbisida tersebut mampu mengendalikan gulma mulai rumput-rumputan berdaun sempit hingga daun lebar.

“Gulma berdaun sempit pada tanaman padi tergolong sangat bandel dan biasanya bisa mengalahkan tanaman utama atau padi. Selain untuk mengendalikan gulma, penyemprotan yang dilakukan ini dapat memberikan kesuburan terhadap batang padi,” ujar Serda Ismail.

Sementara itu pemilik sawah Bapak Risky merasa senang atas bantuan bapak Babinsa yang selama ini sudah mendampinginya mulai dari Pengolahan Lahan. Hingga saat perawatan tanaman padi pada musim tanam kali ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *