Babinsa Koramil Dumoga Kawal Pendistribusian Benih Jagung Bisi-220

Bolmong425 views

B O L M O N G – Babinsa Koramil 1303-07/Dumoga Koptu Nofri Mintje melaksanakan pengawalan dan pendampingan pendistribusian benih jagung hibrida Bisi-220 kepada kelompok tani di Desa Dumoga Tiga Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow, Kamis (30/04/2020).

Menurut Babinsa Koptu Nofri Mintje, sejumlah 1.890 Kilogram benih jagung hibrida Bisi-220 nantinya akan didistribusikan untuk 11 Kelompok Tani (Poktan) yang ada di Desa Dumoga Tiga.

“Dari jumlah tersebut, masing masing kelompok Tani akan mendapatkan ada yg 140 kg, ada yg mendapatkan 180 kg dan ada jg yg mendapakan 225 kg sesuai banyaknya jumlah per hektar dari masing masing poktan,” terang Babinsa.

“Alokasi tersebut diperuntukan bagi lahan seluas 126 hektar, dan dalam setiap hektarnya akan mendapatkan benih jagung sebanyak 15 kilogram,” ucap Koptu Nofri.

Pantauan di lapangan, pendistribusian benih bantuan Distan Kabupaten Bolmong tersebut dilakukan langsung oleh Koordinator PPL dari BPP Kecamatan Dumoga Timur Ibu Hostin Mokansi, dengan didampingi anggota PPL dan Babinsa serta diterimakan kepada masing-masing Ketua Poktan.

Pada kesempatan tersebut, Koordinator PPL dari BPP Kecamatan Dumoga Timur Ibu Kori Mundung, mengatakan, agar para Poktan dapat memanfaatkan secara maksimal bantuan benih dari Distan guna meningkatkan kesejahteraan petani.

Namun, lanjutnya, untuk mendapatkan hasil yang optimal, ketersediaan benih unggul saja tidak cukup melainkan harus didukung dengan pengolahan lahan yang tepat dan benar, sistem irigasi yang memadai dan perawatan serta pemupukan yang tepat, jenis, dosis dan waktu.

Ditempat terpisah, Danramil 1303-07/Dumoga Kapten Inf Asrak Badarun menuturkan, Dengan terjunnya Babinsa dalam pengawalan dan pendampingan pendistribusian benih jagung ini merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan guna membantu petani meningkatkan produktivitas pangan sehingga swasembada pangan dapat tercapai khususnya komoditas padi, jagung dan kedelai (Pajale).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *