Babinsa Pantau Pertumbuhan Tanaman Jagung Milik Petani

Bolmut291 views

B O L M U T – Untuk meningkatkan kualitas hasil panen jagung yang maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan, maka Babinsa Koramil 1303-15/Bintauna Serda Jamaluddin bersama Bapak Udin Kaluku selaku petani jagung intens melakukan pemantauan perkembangan pertumbuhan tanaman jagung miliknya di Desa Bosisingo Utara Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Selasa (18/08/2020).

Jagung merupakan tanaman yang mempunyai peranan strategis dalam pembangunan dan perekonomian khususnya bagi masyarakat pedesaan, mengingat tanaman jagung tersebut salah satu kebutuhan pokok selain tanaman padi.

Babinsa Serda Jamaluddin melakukan pendampingan langsung dilapangan dengan mengecek kondisi tanam jagung milik Bapak Udin Kaluku, dengan harapan tanaman tersebut tidakterserang hama maupun penyakit yang dapat merugikan petani.

“Disamping sebagai makanan pokok jagung juga menjadi menu penting sebagai gizi ternak selain itu bisa juga digunakan sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena,” ungkap Babinsa Serda Jamaluddin.

Serda Jamaluddin selalu memberikan kebijakan intensif yang signifikan guna peningkatan produksi dan produktivitas mulai dari ketersediaan benih unggul, pupuk yang tepat, penanganan hama penyakit serta menjaga stabilitas harga beli ditingkat petani sehingga harganya bisa stabil.

“Peningkatan produksi dan produktivitas dengan adanya pendampingan Babinsa diharapkan dapat membantu petani jagung dan mengurangi ketergantungan Impor sehingga kedepan pemerintah berpihak kepada petani dengan harapan kebutuhan jagung didalam negeri dapat diatasi dengan hasil panen dari para petani jagung dalam Negeri,” tutur Babinsa Serda Jamaluddin.

Sementara itu, Danramil 1303-15/Bintauna Lettu M. Jasim Lessy mengatakan, kegiatan tersebut secara rutin dilakukan para Babinsa guna mengantisipasi terjadinya kekurangan pangan. Oleh karena itu, melalui Babinsa diharapkan selain padi warga binaan juga melakukan tanaman jagung. Itu untuk menunjang kebutuhan pangan begitu pula merupakan stok ketahanan pangan.

Danramil Bintauna juga senantiasa selalu mengingatkan kepada anggota Babinsa agar dalam melaksanakan tugas pendampingan kepada petani supaya betul-betul dilaksanakan dengan tulus dan ikhlas niscaya agar apa yang dikerjakan dapat dirasakan bagi petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *