Selain Pajale, Babinsa Berikan Pendampingan Kepada Petani Bawang

Bolmong401 views

B O L M O N G – Selain melaksanakan pendampingan Upaya Khusus (Upsus) Padi, Jagung dan Kedelai atau Pajale yang menjadi prioritas Pemerintah dalam program Ketahanan Pangan.

Babinsa Koramil 1303-02/Passi Sertu Djibran Bonde juga memberikan pendampingan kepada petani dengan membantu melaksanakan panen bawang di Desa Passi Dua Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow, Jumat (14/08/2020).

Kegiatan panen bawang berada di areal lahan milik Bapak Hasan Mokodompit seluas 1,2 hektar dan dari hasil panen kali ini cukup memuaskan walaupun keadaan cuaca kali ini mendapatkan hujan dengan tingkat intensitas tinggi.

Ditegaskan Sertu Djibran Bonde, selain tanaman padi, jagung dan kedelai yang menjadi prioritas dalam suksesnya Ketahanan Pangan, diwilayah binaan juga terdapat berbagai tanaman lain seperti kali ini bawang yang juga menjadi komoditi didaerah tersebut. Hal ini menjadi sumber penghasilan dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan panen bawang merah ini, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi petani lainnya untuk terus bersemangat dalam mengolah lahan pertanian dan meningkatkan hasil panennya,” ujar Babinsa.

Lanjutnya, “Petani dituntut untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan lahan pertanian, para petani tidak terfokus pada tanaman padi, jagung dan kedelai saja namun harus bisa memanfaatkan dengan baik lahan yang kosong dengan tanaman alternatif yang sesuai dengan kondisi cuaca wilayah,” ucap Sertu Bonde.

Hal ini bertujuan pada tercapainya Ketahanan Pangan, “Sehingga masyarakat tidak akan mengalami kesulitan memenuhi bahan kebutuhan pokok dan membeli dengan harga yang sangat tinggi khususnya pada komoditi bawang,” tutur Sertu Djibran Bonde.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *