Babinsa Dampingi Petani Desa Dumara Merawat Tanaman Tomat

Bolmong682 views

B O L M O N G – Babinsa Koramil 1303-07/Dumoga Serda Eryawan membantu petani merawat tanaman tomat yang tumbuh subur diperkebunan Desa Dumara Kecamatan Dumoga Tenggara Kabupaten Bolaang Mongondow, Senin (28/09/2020).

Kebun tersebut milik Bapak Sukailani (51) dengan luas 0,5 hektar yang berada di areal perkebunan Desa Dumara.

Di sela-sela kesibukannya sebagai Babinsa di wilayah binaannya, Serda Eryawan selalu aktif mendampingi petani yang berada di daerah binaan.

Pembinaaan terhadap petani tomat yang dilakukan Serda Eryawan untuk menjalin komunikasi dengan para petani guna mengetahui keluh kesah dan kendala yang dihadapi petani.

Serda Eryawan menjelaskan, perawatan batang tomat sangat diperlukan agar mendapatkan hasil buah yang besar dan banyak.

“Adapun pembibitan awal, dari penyemaian bibit yang di buat dari polybeg dengan cara disemai. Setelah tumbuh disiram dan diberikan pupuk sesuai dengan takaran yang dianjurkan, selama 75 hari sudah bisa panen,” ujar Serda Eryawan.

“Hanya dengan modal kecil Pak Sukailani bisa panen buah tomat sebanyak 2 Ton, dan juga bisa menambah perekonomian keluarganya,” ucap Serda Eryawan.

Bapak Sukailani selaku pemilik lahan tersebut mengatakan, dirinya merasa senang dengan kehadiran bapak Babinsa, yang tidak segan-segan terjun langsung untuk membantu.

“Keberadaan Babinsa dapat memotivasi para petani sehingga lebih giat dalam mengolah lahan pertaniannya, dan selalu menampung keluh kesah para petani untuk dicarikan solusinya,” tutur Bapak Sukailani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *