Babinsa Dampingi Petani Basmi Gulma Tanaman Jagung

Bolsel297 views

B O L S E L – Serda Dion Papising anggota Babinsa Koramil 1303-08/Bolaang Uki melaksanakan pendampingan membantu petani dalam Penyiangan rumput pada tanaman jagung varietas Bisi-18 milik Bapak Cuni Djafar dengan luas lahan mencapai satu hektar di Desa Tabilaa Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Selasa (03/11/2020).

Kegiatan seperti ini sangat disambut baik petani, hal ini terlihat dari antusias petani dalam membersihkan rumput dan menyulami tanaman jagung yang tidak tumbuh terlihat sangat semangat walupun panas matahari sangatlah terik dan menyengat badan.

Dengan adanya kegiatan itu tanaman jagung yang ditanam akan tumbuh dengan maksimal dan hasil yang akan dicapai petani pun akan meningkat.

“Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa dan PPL karena dengan adanya pendamping petani maka segala kendala yang dihadapi petani di lapangan akan terpecahkan,” ucap Serda Dion.

Gulma adalah sejenis rumput atau tanaman liar yang tumbuh pada persawahan, biasanya gulma banyak tumbuh subur pada sela-sela atau di antara tanaman padi atau jagung.

“Keberadaan gulma ini menjadi gangguan pada tanaman jagung, tanaman menjadi tidak dapat menghasilkan secara maksimal,” ujarnya.

“Petani biasanya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan penanggulangan dan penyiangan gulma, dengan adanya Babinsa yang turun tangan membuat para petani tersenyum bahagia,” tutur Serda Dion Papising.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *