Babinsa Bersama Petani Desa Langagon Induk Tanam Jagung

Bolmong1,234 views

B O L M O N G – Babinsa merupakan salah satu penggerak bagi para petani atau pelaku utama bersama kelompok tani. Hal ini menjadi untuk mendukung program pemerintah dalam kegiatan upaya khusus (Upsus) dalam peningkatan produksi Pajale (padi, jagung, kedelai) yang dilaksanakan di wilayah binaan.

Kegiatan kali ini dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 1303-09/Bolaang Koptu Dwi Purwanto yang membantu petani menanam jagung di Desa Langagon Induk Kecamatan Bolaang Kabupaten Bolaang Mongondow, Jumat (11/12/2020).

Koptu Dwi Purwanto mengatakan, sebagai salah satu upaya pencapaian program ketahanan pangan yang ada di wilayahnya, dirinya turut membantu warga binaan dalam menanam jagung.

“Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi produksi atau hasil panen. Salah satu di antaranya adalah dengan pendampingan dan pengawalan kegiatan Upsus peningkatan produksi Pajale dalam pencapaian swasembada pangan,” ucap Koptu Dwi.

Peran Babinsa dalam Upsus adalah untuk meningkatkan produksi Pajale sebagai komunikator, fasilitator, advisor, motivator, edukator, organisator dan dinamisator melalui pengawalan dan pendampingan pertanian dengan petani atau kelompok tani.

“Jagung merupakan salah satu komoditi utama selain padi dan kedelai yang menjadi prioritas utama pemerintah, dikarenakan jagung merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan penting sebagai pemenuhan kebutuhan pangan, pakan dan industri dalam negeri yang setiap tahunnya cenderung meningkat,” tutur Koptu Dwi Purwanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *