Menyatu Bersama Warga, Babinsa Bantu Petani Menjemur Hasil Panen

Bolmong597 views

B O L M O N G – Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu harus menyatu dengan masyarakat. Dengan ikut dalam kegiatan sosial yang dilakukan masyarakat, dengan tujuan agar tugas TNI dalam menjamin keamanan negara bisa dirasakan, Rabu (20/01/2021).

Babinsa Koramil 1303-07/Dumoga Serda I Gede Setia Budi menunjukkan contoh bagaimana TNI menyatu dengan masyarakat. tanpa ragu Babinsa membantu petani untuk menjemur padi hasil panen beberapa waktu yang lalu.

Hasil panen tersebut milik Bapak Made Rantauwan yang menggarap sawah seluas satu hektare yang berada di Desa Kembang Sari Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow.

Saat tengah menjemur padi jenis Ciherang sebanyak kurang lebih 50 karung dari lahan tersebut, ada Serda Setia Budi yang menawarkan tenaga untuk membantu.

“Setiap padi yang sudah di panen harus dijemur terlebih dahulu biar tidak busuk dan lebih terawat ketika dalam karung,” ucap Babinsa.

Menurutnya, itu merupakan kebiasaan turun-temurun petani yang berada di Kecamatan Dumoga. Usai memanen, padi langsung dijemur biar segar dan terjaga dengan baik.

“Ketika dimasukan ke dalam karung, padi tidak akan cepat membusuk sehingga kualitasnya tetap terjaga,” ujarnya.

Selaku Babinsa, Serda Setia Bufi mengaku selalu melaksanakan pendampingan khusus kepada seluruh lapisan masyarakat di wilayah binaannya. Salah satunya adalah para petani. Khususnya yang tergabung dalam Kelompok Tani.

“Kita ingin, semua petani kita senang dan ekonomi bisa membaik dengan hasil panen yang berkualitas,” tutur Babinsa.

Sementara itu, Bapak Made Rantauwan selaku pemilik padi, merasa sangat senang akan kepedulian Babinsa kepada seluruh petani. Mulai dari musim tanam, monitoring tanaman padi, hingga panen, anggota TNI hadir bersama masyarakat.

“Dengan pendampingan secara khusus oleh TNI, dalam hal ini Babinsa , maka dari itu menambah semua petani lebih semangat dan memiliki pengetahuan terkait cara petani yang baik, supaya mendapat hasil yang maksimal,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *