Babinsa Gelar Puldata Ter di Kantor Kecamatan Kotabunan

Boltim22 views

B O L T I M — Pentingnya bagi satuan Komando kewilayahan, akan terlaksananya pembinaan teritorial (Binter) yang berpedoman pada data teritorial. Seperti dalam program ketatalaksanaan Binter yang merupakan penyusunan administrasi sesuai tahapannya.

Yang meliputi pengumpulan data teritorial, analisa kejadian yang dituangkan dalam tabulasi data, membuat rencana pembinaan teritorial dan laporan kegiatan pembinaan teritorial kepada satuan Komando Atas.

Hal tersebut, ditegaskan oleh Personel Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-05/Kotabunan Sertu Sahabuddin yang melaksanakan Puldata teritorial di Kantor Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Rabu (27-04-2022).

Menurutnya, data teritorial sangatlah penting dan harus selalu diperbarui melalui koordinasi dengan pemerintah daerah. Karena itu, pihaknya turun ke wilayah binaan untuk melaksanakan Puldata Ter di Kantor Kelurahan atau Desa untuk pemeliharaan data geografi, demografi, Komunikasi Sosial (Komsos) yang terbaru.

“Syukurlah, kegiatan berjalan humanis dan lancar bersama dengan perangkat Kecamatan, seperti halnya kegiatan yang dilaksanakan di kantor Kecamatan Kotabunan ini,” ujarnya.

Dikatakan Babinsa, dengan melaksanakan Puldata Ter di Kantor Kecamatan wilayah binaan dalam rangka memperbarui data geografi, demografi, Komsos di wilayah binaannya.

Sebagai Babinsa pihaknya harus mampu menguasai wilayah, mulai dari geografi, demografi dan kondisi sosial masyarakat, guna menunjang pelaksanaan tugas-tugas Babinsa di wilayah.

“Selain itu kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dan koordinasi dengan aparat Kecamatan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di desa,” tandasnya.

Diakui Babinsa Sertu Sahabuddin, jika kegiatan yang dilaksanakan tersebut mendapat respon positif dari perangkat Kecamatan, karena Babinsa selama ini telah aktif dalam setiap kegiatan, dan selalu menjalin komunikasi dengan perangkat kelurahan atau desa dan masyarakat di wilayah binaan.