Melestarikan Kearifan Lokal Satgas Yonif 133/YS bersama Warga Panen Sagu di Hutan Papua Barat Daya.

Maybrat9 views

KilasSulut.com, Maybrat – Dalam rangka pemenuhan ketersediaan bahan pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat, Pos Imsun Satgas Yonif 133/YS terjun membantu warga untuk Tokok (panen) Sagu di Kampung Imsun, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat-Papua Barat Daya, Jumat (28/07/2023).

Sagu merupakan salah satu bahan makanan pokok bagi masyarakat Papua, Sagu di dapatkan dari pohon Sagu yang di Tokok (panen), keberadaan pohon Sagu di Papua sangat lestari karena di dukung oleh keadaan geografis wilayah Papua yang tropis.

Sagu dapat di olah menjadi berbagai macam makanan, salah satu makanan dari olahan Sagu yang sangat terkenal ialah Papeda.

Dalam keterangannya, Danpos Imsun Satgas Yonif 133/YS Letda Inf PM. Sinaga menerangkan, “Sagu merupakan salah satu bahan makanan pokok warisan dari leluhur orang Papua, oleh karena itu selain melaksanakan pengamanan wilayah Satgas Yonif 133/YS juga turut ikut dalam melestarikan kearifan lokal Tokok Sagu.

Dari pengalaman ini prajurit juga mendapat wawasan cara bertahan atau cara mendapatkan bahan makanan di hutan, karena tidak menutup kemungkinan dalam suatu penugasan prajurit akan kehabisan logistik di hutan.

Sementara itu, Bapak Silas Ky (40) salah satu Aparatur Kampung sekaligus warga yang menggantungkan ekonomi dari membuat sagu, merasa bangga karena usaha yang selama ini digelutinya dikunjungi sekaligus dibantu Satgas Yonif 133/YS dalam mengolah pohon sagu tersebut.

“Sa ucapkan terimakasih kepada bapa TNI Satgas Yonif 133/YS yang telah bantu sa punya kerja, terimakasih atas himbauannya untuk meningkatkan hasil panen, kami akan selalu menanam tanaman baru setiap kali menebang pohon yang kita panen agar bahan baku kami selalu tersedia,” tutur Silas Ky.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *