Pangdam XVIII/Kasuari, Di Hari Pertama Tugasnya Langsung Berkunjung Ke Pulau Mansinam

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Di hari pertama menjabat sebagai Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han). CGCEA bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Daerah XVIII/Kasuari, Ny. Vera Ilyas Alamsyah melaksanakan kunjungan ke salah satu Pulau yang bersejarah bagi masuarakat Papua, yaitu Pulau Mansinam yang terletak di Manokwari, Papua Barat, pada Rabu (22/8/2023).

Setibanya di Pulau Mansinam, Pangdam XVIII/Kasuari beserta rombongan disambut oleh masyarakat dan tokoh adat dengan prosesi injak piring dan tarian adat sebagai ucapan selamat datang di Pulau Mansinam yang merupakan Pulau dimana sebagai masuknya Injil pertama kali di Papua dan sebagai tonggak penting menandai pula munculnya peradaban modern di tanah Papua yang terjadi sekitar 160 tahun lalu.

Pangdam beserta rombongan kemudian berkesempatan menuju salah satu monumen yang begitu fenomenal yaitu bekas bangunan gereja yang dulu pertama dibangun oleh Ottouw-Geissler (Dua orang misionaris asal Jerman).

Selanjutnya, menuju mencuci muka yang berada di sumur tua yang dulu dibuat oleh Ottouw-Geissler sebagai sumber air yang berguna bagi seluruh penduduk pulau yang diakhiri dengan melihat langsung Patung Yesus Kristus dimana Patung ini adalah sebuah gagasan positif dari pemerintah Indonesia yang menjadi bentuk penghargaan terhadap sejarah peradaban Papua di Mansinam.

(Pendam XVIII/Ksr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *