Drg Adiyatma Berikan Penyuluhan Kesehatan Gigi Dan Mulut di SDN 02 Otam

Bolmong8 views

BOLMONG – – Ada yang menarik pagi ini, puluhan siswa dan siswi SD Negeri 02 Otam mendapatkan kunjungan dari UPTD Puskesmas Passi Barat Kabupaten Bolmong, Rabu (13/09/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan tubuh maupun kesehatan gigi dan mulut seluruh anak didik sekolah dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow terkhususnya di wilayah kerja Puskesmas Passi Barat.

Kegiatan pagi ini diawali dengan senam Germas yang dipimpin oleh Kepala Puskesmas Passi Barat Rosmina Mamonto, Amd.Keb, Kurnia Saleh, S.Kep, Diam Ekawati, S.Kep, dan Verawati Limbalo, Amd.KG yang selanjutnya pemberian materi oleh Drg Adiyatma Mokoginta.

Dalam pelaksanaannya, Drg Adiyatma bersama timnya menggunakan metode edukatif, promotif, dan preventif untuk meningkatkan kesadaran serta kualitas kesehatan gigi dan mulut.

Kegiatan dimulai dengan pemberian edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut kepada para siswa SDN 02 Otam. Selain itu, juga dilakukan penyuluhan melalui metode tanya jawab, di mana para siswa diajak untuk secara bersama-sama melakukan praktik gosok gigi yang dipandu oleh Drg. Adiyatma.

Tampak menarik memang karena pemberian materi oleh Drg. Adiyatma mendapatkan respon yang sangat luar biasa oleh puluhan siswa dan siswi SDN 02 Otam.

Menjaga kesehatan gigi pada anak salah satu peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Dengan memberikan penyuluhan mengenai kesehatan gigi, merupakan langkah awal yang dilakukan untuk mengajak anak- anak untuk menjaga kesehatan gigi dengan menyikat gigi secara benar dan rutin.

Kegiatan penyuluhan kali ini menjelaskan mengenai struktur gigi dan mulut kesehatan gigi, cara menggosok gigi yang benar, makanan bergizi untuk kesehatan gigi, dan penyakit gigi. Kegiatan yang ditampilkan juga menggunakan alat peraga disertai dengan narasi cerita yang menarik. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan praktek langsung cara menggosok gigi yang benar.

Menurut Drg Adiyatma Mokoginta, “Perawatan gigi sejak dini sangat penting untuk menghindari proses kerusakan gigi, seperti gigi berlubang dan keropos. Selain itu disarankan untuk melaksanakan pemeriksaan gigi secara rutin kepada dokter gigi,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *