Sinergitas Pangdam Kasuari dan Kapolda Menata Papua Barat dan Papua Barat Daya Yang Aman, Damai dan Kondusif

manokwari4 views

KILASSULUT.COM, Manokwari – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han), yang didampingi Irdam dan Kapoksahli Pangdam beserta para pjabat Kodam lainnya silaturahmi dengan menyambangi Markas Polda Papua Barat, Manokwari, pada Selasa (5/9/2023).

Sinergitas diantara Pangdam Kasuari dan Kapolda Papua Barat ini ditunjukkan dengan saling bertukar informasi dan bertatap muka langsung guna bekerja sama, kolaborasi dan kumunikasi dalam menjaga kondisi wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya agar tetap aman, damai serta kondusif sembari menyambut pelaksanaan proses Pemilu Presiden dan Wakil Presiden hingga Pemilu Legistlatif yang akan diadakan pada tahun 2024 mendatang.

Tiba di Polda Papua Barat, Pangdam beserta rombongan di sambut langsung oleh Kapolda, Irjen Pol Drs. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., bersama para PJU Polda Papua Barat lainnya.

Dalam sambutannya, Pangdam menyampaikan kedetangannya saat ini bertemu dengan Kapolda Papua Barat merupakan salah satu langkah awal dalam melaksanakan tugas sebagai Panglima Kodam XVIII/Kasuari.

“Alhamdulillah hari ini saya bisa datang bertemu langsung dengan Kapolda Papua Barat beserta PJU Polda, tentunya ini sebagai langkah awal selaku Panglima Kodam XVIII/Kasuari tentunya mulai melaksanakan tugas salah satunya dengan mengenal para unsur Forkopimda dan seluruh jajaran yang ada,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Pangdam menceritakan saat ia berkawan dengan Polisi mulai dari saat Letnan Dua dengan satuan saat itu di 305.

“Sampai dengan saat ini, berdasarkan pengalaman dari pertemanan tersebut saya berharap dapat terus berjalan dengan baik. Apabila terdapat suatu permasalahan di wilayah bertugas, apabila dapat ditangani bersama kita tangani bersama bisa lewat Babinsa dengan Babinkamtibmas setempat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa selalu menekankan ke para prajurit untuk selalu menjaga kesehatan karena menurutnya dengan kesehatan akan dapat melaksanakan tugas dengan baik.

“Kepada bapak Kapolda apabila dalam berkunjung ke wilayah saya mempersilahkan untuk singgah ke Koramil-Koramil yang tersebar, jadi jangan ragu-ragu karena sebenarnya kita adalah dua tombak utama yang tajam, TNI dan Polri mempunyai tugas masing-masing yang mempunyai dinamika,” katanya.

Selama ini Polda Papua Barat dan Kodam XVIII/Kasuari sudah sering bersama-sama dalam melaksanakan kegiatan dalam mewujudkan keamanan, kenyamanan dan ketentraman diwilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya.

“Selama saya berada di sini, memang masyarakat hanya berharap kepada kita TNI-Polri, jadi memang hanya Pangdam dan Kapolda yang selalu dihubungi dalam menyelesaikan sebuah masalah. Oleh karena itu, kedatangan Pangdam beserta pejabat Kodam lainnya saat ini kami merasa bahwa hubungan kerjasama kita merupakan hal yang luar biasa dan sangat penting agar suasana di Papua Barat dan Papua Barat Daya tetap aman dan kondusif,” ucap Kapolda.

Iapun berharap, sinergitas seperti ini tetap terus berjalan sehingga cipta kondisi di dua wilayah yaitu Papua Barat dan Papua Barat tetap aman dan kondusif.

(Pendam XVIII/Ksr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *