Dalam Komsosnya, Babinsa Juga Berikan Arahan Kepada Petani Saat Jemur Padi

Bolmut214 views

B O L M U T – Babinsa Koramil 1303-14/Bolangitang Serda Yasri Samsudin pagi tadi membantu petani menjemur padi jenis Serayu dengan petani binaanya yang berada di Desa Langi Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolmut, Jumat (09/08/2019).

Penjemuran padi hasil panen ini bertujuan agar bulir padi kering tidak terjadi pembusukan, sehingga bertahan lama untuk disimpan sebelum digiling atau dibibit untuk musim tanam selanjutnya.

Serda Yasri Samsudin mengatakan cara penjemuran gabah harus ditempat yang benar benar kering, sinar matahari mencukupi dan usahakan jangan menjemur pada saat cuaca mendung dan cenderung mau hujan agar cepat kering.

“Kalau bisa menjemur dengan dasar lantai tanpa ada batasan bulir padi yang apabila terkena sinar matahari menjadi panas dan cepat mengering,” ujar Serda Yasri.

Babinsa sebagai pendamping pertanian untuk pengeringan padi bisa di lakukan secara berulang-ulang sampai dengan 3 hari berturut-turut tergantung cuaca (mendung atau terik matahari).

Babinsa Desa Langi juga memberikan arahan kepada petani agar dalam penjemuran di tempat lapang tidak banyak pepohonan, bebas dari banjir dan bebas dari gangguan unggas yang akan memakan bulir padi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *