Dampingi Petani, Babinsa Bajak Sawah Secara Tradisional

Bolmong286 views

B O L M O N G – Di zaman modern seperti saat ini, masih ada petani yang menggarap lahannya secara tradisional. Seperti pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1303-11/Lolak Serka Helik Potaboda yang membantu Bapak Vence Kalalo (51) dalam membajak lahan dengan menggunakan sapi seluas 1 hektar yang nantinya akan ditanami jagung di Desa Lalow Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow, Senin (11/11/2019).

Di tengah gempuran kemajuan teknologi modern seperti traktor atau jenis motor pembajak sawah lainnya, masih ada petani yang menggunakan kerbau atau sapi untuk membajak sawahnya.

Serka Helik Potaboda mengatakan, “Pengolahan dengan menggunakan sapi jauh lebih asyik dan ini yang pertama kali saya laksanakan karena selama ini memakai hand traktor,” ucapnya.

“Tidak kalah menarik lagi sapi yang dipergunakan untuk menggarap lahan juga terkadang susah untuk dikendalikan, sehingga canda tawa bersama petani tercipta dan menambah hubungan keakraban semakin terjalin,” ujar Serka Helik.

Ditempat terpisah, Plh Danramil 1303-11/Lolak Peltu Syahril G Subroto menyampaikan, “Kegiatan tersebut sekaligus sebagai pembelajaran bagi anggota Babinsa dalam melakukan pendampingan terhadap petani di wilayah binaan.

“Di samping itu bisa mempererat tali silaturahmi antara TNI bersama masyarakat sehingga jika terjadi sesuatu di desa warga bisa langsung berkoordinasi dengan Babinsa,” tutur Peltu Syahril.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *