Serda Ismail Bersama Petani Bersatu Basmi Gulma

Bolmut157 views

B O L M U T – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1303-14/Bolangitang Serda Ismail melakukan pendampingan dengan turun ke sawah membantu bersihkan Gulma pada di tanaman padi. Membersihkan gulma (hama tanaman) rumput salah satunya di lahan milik Bapak Kiang Manjurungi yang merupaka anggota Kelompok Tani “Mokotabi”.

Plh Danramil 1303-14/Bolangitang Serka Iskandar Mardani menjelaskan, Gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil panen yang tinggi dalam budidaya padi sawah.

“Persaingan gulma dengan padi dalam masa pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen,” ucap Serka Iskandar. Senin (23/12/2019).

Menurutnya, Dengan adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan tanaman padi, maka dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya akan berdampak tidak bagus pada pertumbuhan padi.

Selain itu, ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga bila dibiarkan dan tanpa dikendalikan, maka kerugian akan melanda petani.

“Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus ataupun secara kimiawi dengan penggunaan herbisida,” tutur Serka Iskandar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *