Babinsa Bantu Petani Berantas Gulma Di Lahan Perkebunan Jagung

Bolmong294 views

B O L M O N G – Giat Koramil 1303-10/Poigar Serda Arifuddin melaksanakan pendampingan ketahanan pangan dalam rangka pembersihan rumput di lahan pertanian jagung milik Bapak Sahlan Mamonto di Desa Tiberias Kecamatan Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow yang telah memasuki masa tanam 15 hari, Jumat (03/01/2020).

Dikatakannya, kegiatan penyemprotan rumput pada tanaman jagung dilaksanakan dengan mesin pompa tangan dengan menggunakan pestisida yang sesuai anjuran. Gulma sejenis rumput tanaman liar yang tumbuh di lahan pertanian, biasanya gulam itu tumbuh disela-sela Tanaman jagung

“Bila gulma atau rumput liar terus dibiarkan maka dia akan berkembang biak, secara otomatis tanaman jagung akan terganggu. Bila sudah seperti itu, sangat mengganggu pertumbuhan jagung yang sudah dua minggu ditanam,” ujar Serda Arifuddin.

Biasanya petani pasti mengeluarkan biaya untuk mengatisipasi tumbuhnya gulma. Maka dari itu, selaku Bintara Pembina Desa (Babinsa) sudah kewajiban membantu semua petani seperti pada lahan milik Bapak Sahlan Mamonto di Desa Tiberias.

“Segala pekerjaan akan menjadi ringan bilamana dikerjakan secara bersama-sama. Hal itu, tentu tak selesai dalam satu hari, namun harus secara berkala dibersihkan biar jagung tetap subur dan akan menghasilkan tanaman yang berkualitas,” tutur Serda Arifuddin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *