Kompak, Babinsa Bersama Warga Laksanakan Gotong Royong Bersihkan Saluran Irigasi

Bolmong823 views

B O L M O N G – Babinsa Koramil 1303-10/Poigar Serda Ramli melaksanakan gotong-royong membersihkan saluran irigasi lahan pertanian bersama masyarakat Desa Poigar Tiga Kecamatan Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow, Selasa (14/01/2020).

Gotong royong tersebut juga dihadiri Kepala Desa Poigar Tiga bersama para petani yang selama ini aktif menggunakan saluran irigasi tersebut untuk mengairi sawah mereka pada musim tanam.

Disela-sela gotong royong, Serda Ramli menyampaikan kondisi saluran air ini sudah ditumbuhi rumput dan lumpur yang mengakibatkan saluran irigasi menjadi dangkal sehingga perlu dilakukan pembersihan untuk kelancaran air irigasi menuju lahan pertanian masyarakat.

“Gotong-royong ini dilakukan oleh warga dengan dibantu Babinsa bersama Pemdes sehingga sangat efektif untuk mempercepat proses pengerjaannya,” ujar Serda Ramli.

Terpisah, Danramil 1303-10/Poigar Kapten Inf Paulus Landeng mengatakan, “Tujuan Babinsa melaksanakan gotong royong membersihkan saluran irigasi di areal lahan pertanian karena pada saat datangnya musim hujan sering membawa material tanah yang menimbun saluran Irigasi,” ucap Danramil.

“Akibat penimbunan meterial yang dibawa saat hujan dapat menggangu saluran irigasi sehingga dengan pembersihan saluran irigasi, aliran air dapat lancar dan meningkatkan produksi pertanian dalam menunjang program ketahanan pangan di Kecamatan Poigar,” tutur Kapten Inf Paulus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *