Babinsa Bantu Petani Desa Tungoi Satu Bersihkan Gulma

Bolmong243 views

B O L M O N G – Dalam rangka menyukseskan Ketahanan Pangan Nasional yang telah diprogramkan oleh pemerintah, Babinsa Koramil 1303-04/Lolayan Sertu Jibran Bonde membantu petani membersihkan gulma (rumput liar) tanaman padi milik petani Bapak Dedy Ratu di Desa Tungoi Satu Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow, Selasa (02/06/2020).

Danramil 1303-04/Lolayan Lettu Inf Abdul Ham Laydia menjelaskan, gulma atau rumput liar merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu produktivitas tanaman padi yang kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman.

“Macam-macam gulma pada tanaman padi ini biasanya berbentuk rumput yang menyerupai padi. Jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman padi menjadi kurang subur,” ucap Danramil Lolayan.

Ia mengatakan, pembersihan gulma ini bertujuan agar tanaman padi bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan tanaman padi tersebut.

“Setiap tanaman memerlukan perawatan dan pemeliharaan, tidak terkecuali pada tanaman padi, di antaranya adalah pemupukan, penyemprotan hama, atau pembersihan gulma,” paparnya.

“TNI, khusus Babinsa akan terus mendampingi petani setiap saat untuk mewujudkan swasembada pangan nasional yang berkwalitas,” tutur Danramil Lettu Inf Abdul Han Laydia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *