oleh

Praka Mansur Bantu Petani Kacang Tanah Bersihkan Rumput

-Boltim-23 views

B O L T I M — Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-03/Modayag membantu petani binaannya membersihkan rumput pada tanaman kacang tanah dilahan seluas 0,5 hektar di Desa Bongkudai Kecamatan Modayag Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Selasa (11/01/2022).

Rumput liar ini akan mengganggu pertumbuhan kacang tanah apabila tidak dibersihkan secepatnya. Praka Mansur yang ikut membantu petani membersihkan rumput terlihat berada diantara para petani. Meski dengan menggunakan alat seadanya, ia berusaha mencabut rumput dengan tangannya.

Praka Mansur menjelaskan, pengaruh rumput pada tanaman kacang tanah. Selain akan menghambat pertumbuhan kacang tanah, rumput ini juga akan memikat dan menimbulkan hama tanaman seperti ulat daun.

“Rumput ini kalau tidak segera dibersihkan akan didatangi ulat daun dan tanaman kacang tanah ini akan ikut dirusak oleh ulat juga. Rumput ini harus segera dibersihkan,” ujar Praka Mansur.

Sementara itu, Taslim Mamonto (42) menuturkan ucapan terimakasih kepada Praka Mansur, Babinsa kami selalu aktif dan turun langsung ke lapangan.

“Babinsa memang selalu rutin ke Desa dengan membantu dan memberi arahan kepada para petani, sehingga para petani termotivasi untuk meningkatkan hasil pertanian khususnya pada tanaman kacang tanah,” tuturnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.