Cegah Banjir, Babinsa Bersama Warga Bersihkan Drainase

Bolmong69 views

B O L M O N G – Serda Surganaim anggota Joramil 1303-10/Poigar bersama warga melaksanakan karya bakti pembersihan saluran air atau drainase untuk mencegah bahaya banjir dan menciptakan lingkungan bersih di Desa Poigar Satu Kecamatan Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow, Senin (10/02/2020) kemarin.

Warga yang didampingi Babinsa sangat berantusias dalam pembersihan ini, karena adanya dorongan dan motivasi dari Babinsa yang memberikan pengarahan akan pentingnya kebersihan lingkungan apalagi tempat selokan, itu merupakan modal utama dari sarang penyakit bersarang serta terjadinya musibah banjir.

Pembersihan drainase dari sampah plastik, rumput liar merupakan tujuan utama apabila musim hujan tiba, langkah ini di lakukan untuk mengantisipasi akan terjadinya genangan air di selokan sehingga dapat memicu musibah banjir serta perkembangbiakan jentik nyamuk DBD atau malaria.

Serda Surganaim menghimbau, masyarakat untuk benar-benar peduli dengan kondisi lingkungannya, “Apabila ada saluran air yang mengalami pendangkalan atau tersumbat dan berpotensi banjir, hendaknya segera dilaksanakan karya bakti,” ujar Babinsa.

Lebih lanjut disampaikan, drainase bertujuan untuk menjadikan sebuah infrastruktuk kota atau desa yang aman, nyaman, bersih dan sehat. “Saya menghimbau kepada warga untuk selalu memelihara drainase agar tidak tersumbat, apalagi kalau musim penghujan tiba. Jika tersumbat, air akan tergenang dan menyebabkan terjadinya banjir,” ucap Serda Surganaim.

“Sebagai babinsa, kita tidak ingin hal ini menimpa warga. Untuk itu, kita laksanakan karya bakti membersihkan drainase. Karya bakti ini dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan yang ada selama ini di lingkungan masyarakat, khususnya bencana banjir sehingga ke depannya tidak terjadi banjir bila musim penghujan datang,” tutur Babinsa Desa Solimandungan Serda Surganaim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *